Sunday, December 26, 2010

tips agar AC hemat listrik

AC sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari, tetapi tentunya hal ini akan menambah biaya yang kita keluarkan, mulai dari biaya listrik yang sudah pasti meningkat, ditambah lagi biaya service rutin yang harus kita keluarkan secara berkala untuk menjaga kondisi AC yang kita gunakan, belum lagi kita harus menyiapkan dana cadangan untuk perbaikan AC tersebut bila sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

Tentunya kita selalu mencari cara untuk menekan biaya-biaya tersebut seminim mungkin, misalnya, menekan biaya listrik.

Ada cara mudah untuk membuat AC kita hemat listrik, tidak perlu menggunakan berbagai macam peralatan yang dalam promosinya mengatakan dapat menghemat listrik hingga sekian persen, dan lain-lain.

Cara termudah untuk menghemat listrik AC banda adalah:

  1. Jaga kondisi AC tetap dalam kondisi maksimal, yaitu dengan membersihkan AC secara teratur, sehingga kinerja AC tidak terlalu berat, dan pada akhirnya konsumsi listrik tetap sesuai dengan kebutuhan AC anda secara normal.
  2. Hitung kapasitas AC anda sesuai dengan ukuran ruangan, jumlah peralatan, frekuensi buka tutup ruangan, jumlah lampu, jumlah orang yang ada diruangan, dll. Sehingga konsumsi listrik yang digunakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan tidak terjadi pemborosan penggunaan listrik.
  3. Seting temperatur 2 derajat lebih tinggi dari yang biasanya anda gunakan, hal ini dapat mengurangi pemakaian listrik hingga 15%-20%
  4. Matikan AC bila ruangan tidak digunakan.

Hal-hal diatas dapat menekan penggunaan listrik dengan jumlah yang lumayan, tertapi bila anda hitung untuk jangka panjang, maka penghematan yang anda lakukan akan cukup banyak.

sumber:http://aridyasupervisi.co.cc/index.php/tips-agar-ac-hemat-listrik

No comments:

Post a Comment